Mengenal Beberapa Istilah Dalam CPNS 2019


Penerimaan CPNS 2019 baru saja diselenggarakan tepatnya pada bulan Oktober 2019 sebagai pengumuman dan akan berakhir pada bulan April sebagai masa integrasi nilai yang menentukan kelulusan. dalam kurun waktu tersebut akan terpilih para sarjana ataupun magister untuk mengisi formasi yang di sediakan oleh pemrintah berupa formasi CPNS baik tingkat pusat, pemprov ataupun pemkab/pemkot.
Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya minat masyarakat terhadap CPNS sangatlah besar, terbukti dari banyaknya dan semakin bertambahnya pelamar pada setiap tahun, hal ini jelas mempersengit persaingan untuk mendapatkan posisi tersebut. Salah satu tips agar lulus tes CPNS 2019 kali ini adalah dengan cara belajar dan belajar, baik secara online ataupun ofline, baik dengan mengikuti tes simulasi ataupun belajar mandiri. Hal yang tidak kalah penting adalah juga dengan mengenal istilah-istilah dalam CPNS 2019, mungkin bagi mereka yang baru mengikuti tes CPNS 2019 ini akan sedikit kebingungan karena menjumpai istilah-istilah yang sebelumnya tidak perlah dipelajari baik di bangku sekolah ataupun kuliah.
Beberapa istilah yang sering ditemui pada CPNS adalah:

1. ASN
ASN memiliki kepanjangan Aparatur Sipil Negara, ASN adalah sebuah profesi bagi PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang bekerja pada Instansi Pemerintah.

2. CPNS
CPNS adalah Calon Pegawai Negeri Sipil yaitu ASN yang sudah lulus seleksi CPNS namun masih menjalankan magangnya sebagai ASN / PNS, yakni masih berstatus Calon.

3. PNS
PNS kepanjangan dari Pegawai Negeri Sipil yang merupakan kelulusan dari CPNS

4 CP3K / CPPPK
Kepanjangan dari CP3K atau CPPPK adalah Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, berbeda dengan CPNS, CP3K / CPPPK adalah ASN yang masa kerjanya dibatasi oleh kontrak kerja dari pemerintah bisa dengan 1 tahun 2 tahun atau lebih, apabila masa kontrak kerja berakhir maka berakhir pulalah profesinya sebagai ASN.

5. P3K / PPPK
CP3K / PPPK adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang merupkan bukti lulusan dari CP3K / CPPPK di atas.

6. MENPAN RB
MENPAN RB adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang merupakan kementerian dalam pemerintah Indonesia yang membidangi pendayagunaan aparatur negara dan birokrasi.

6. BKN
BKN memiliki kepanjangan dengan Badan Kepegawaian Negara, adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertugas menjalankan tugas pemerintahan di bidang manajemen kepegawaian negarfa.

7. BKD
BKD adalah Badan Kepegawaian Daerah yang memiliki wewenang di bawah BKN, BKD sendiri menjalankan tugas kewenangan dari Pemerintah daerah tentang pendayagunaan ASN di daerahnya.

8. CAT
CAT adalah suatu model tes yang terapkan pada CPNS dan CPPPK sekarang. CAT sendiri adalah Computer Assisted Test yaitu metode seleski dengan menggunakan computer untuk mendapatkan nilai standar bagi pelamar CPNS dan lainnya. Soal dalam CAT di buat oleh BKN.

9. SKD/TKD
SKD adalah Seleksi Kompetensi Dasar, yang merupakan seleksi pertama dalam alur CPNS yang menggunakan sistem CAT, dalam SKD terdapat 3 (tiga) macam jenis tes. yaitu TWK. TIU dan TKP. Terkadang SKD sendiri juga sering di sebut dengan Tes Kompetensi Dasar (TKD)

11. TWK
TWK atau Tes Wawasan Kebangsaan merupakan salah satu bentuk tes dalam SKD, Tes wawasan kebangsaan meliputi materi tentang:
a. Pancasila
b. Undang-Undang Dasar (UUD) 1945
c. NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan
d. Bhineka Tunggal Ika

12. TIU
TIU atau Tes Intelegensi Umum juga merupakan salah satu bentuk tes yang termuat dalam soal-soal SKD, Tes Intelegensi Umum meliputi materi mengenai:
a. Analogi
b. Sinonim
c. Antonim
d. Pengelompokan Kata
e. Pemahakman Bacaan / Teks
f. Deret Angka
g. Deret Huruf
h. Hitungan
i. Soal Gambar
j. Penalaran Logis
k. Penalaran Analistis, dan
l. Soal Cerita Matematika


13. TKP
TKP adalah Tes Karakterisitik Pribadi, di sini calon ASN di harap jujur menjawabnya karna ini merupakan bagian dari tes psikologi sikap. Biasa TKP meliputi tentang:
a. Integritas
b. Kejujuran
c. Tanggung Jawab
d. Kemampuan Beradaptasi
e. Pengendalian Diri
f. Semangat Berprestasi
g. Inisiatif
h. Ketekunan
i. Penghargaan Terhadap Orang Lain
j. Ketegasan
k. Kepercayaan Diri
l. Toleransi
m. Kepedulian Lingkungan, dan
n. Efisiensi Cara Kerja

14. PG (Passing Grade)
Passing Grade atau disebut dengan nilai ambang batas merupakan angka standar yang harus dipenuhi calon ASN dalam tes SKD agar bisa dinyatakan lulus pada Seleski KompetensI Dasar. Setiap element dalam SKD baik dari segi TWK, TKP ataupun TIU memliki batas ambang / passing grade yang berbeda dari satu dengan yang lainnya. Angka Passing Grade pada tiap kali tes ASN bisa berbeda tiap tahunnya tergantung kebijakan BKN

15. TKB/SKD
TKB adalah Tes Kompetensi Bidang yang merupakan lanjutan dari tes SKD. Calon-calon ASN yang lulus pada tes SKD dengan kriteria memenuhi passing grade / perangkingan akan mengikuti tes kompetensi bidang dengan kuota 3 kali jumlah formasi. misal jumlah formasi ada 2 maka calon ASN yang akan ikut TKB adalah sebanyak 6 karena 2 x 3 = 6. dan untuk mendapatkan kuota 3 kali formasi itu dengan cara perangkingan.

16. Perangkingan
Perangkingan merupakan proses mengurutkan nilai calon ASN yang bersaing pada suatu formasi dari total nilai tertinggi dan terendah. Dalam perangkingan akan ada istilah P1/L, P1/TL, P2/L dan P2/TL.

16. P1/L
P1/L artinya mencapai passing grade dalam SKD dan dapat ikut SKB

17. P1/TL
P1/TL artinya mencapai passing grade dalam SKD namun tidak dapat ikut SKB dikarenakan dari 3 x Formasi sudah dipenuhi oleh orang lain dengan nilai lebih tinggi darinya

17. P2/L
P2/L artinya tidak mencapai passing grade dalam SKD tapi dapat ikut SKB dikarenakan pesainnga pada suatu formasi tidak ada yang mencapai angka PG, hingga akhirnya di lakukanlah perangkingan, maka bagi yang mendapat posisi tertinggi dari jumlah 3 x formasi akan berkesempatan ikut SKB

18. P2/TL
P2/TL artinya tidak mencapai passing grade dan tidak termasuk pada perangkingan 3 x formasi.

19. Formasi
Formasi merupakan lowongan ASN yang disediakan oleh Instansi

20. Instansi
Instansi merupakan lokasi di mana ASN akan bekerja

21. Disabilitas
Disabilitas merupakan sebutan untuk calon ASN yang mempunyai keterbatasan fisik.

22. Non Disabilitas
Non Disabilitas merupakan sebutan untuk calon ASN yang normal.

23. Putera Daerah
Putera Daerah merupakan sebutan bagi calon ASN yang mendaftar ASN di provinsi kelahirannya.

24. Putera/Puteri Papua
Putera/Puteri Papua merupakan sebutan untuk calon ASN yang bersuku Papua, dan diberikan keisitimewaan dalam ASN oleh pemerintah.

25. Diaspora
Diaspora merupakan sebutan bagi calon ASN yang bekerja di luar negeri

26. Integrasi Nilai
Integras nilai merupakan penggabungan nilai SKD dan SKB untuk menentukan kelulusan ASN.

27. Masa Sanggah
Masa sanggah adalah masa yang baru diadakan pada CPNS 2019 adalah jangka waktu dimana pelamar dapat melakukan sanggahan kepada instansi jika dirasa terdapat kekeliruan dalam seleksi administrasi.

28. Seleksi Adiministrasi.
Seleksi Adiministrasi sendiri merupakan tes pertama dalam tes CPNS ataupun CPPPK jauh sebelum tes SKD dan SKB dilaksanakan. Seleksi Adiministrasi merupakan pemeriksaan kelengkapan dan kebenaran berkas pelamar ASN yang dilakukan oleh tiap instansi. Pelamar yang dinyatakan gugur pada seleksi administrasi ini tidak akan menggikuti lagi akan tes selanjutnya atau dalam kata lain harus mengulang dikesempatan lain.

29. Aktualisasi
Aktualisasi merupakan tugas akhir CPNS sebelum menjadi PNS, yang merupakan bentuk laporan riset tentang apa yang ASN lakukan dalam meningkatkan mutu dan kualitas di instansi yang ia di tempatkan.

30. NIP
NIP adalah Nomor Induk Pegawai, NIP akan didapatkan ketika calon ASN telah benar lulus.

Untuk menjadi ASN tips utamnya adalah dengan belajar dan berdo'a karena itulah yang akan membawa diri untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan. Mengenal istilah-istilah dalam CPNS cuma sebagai penambah wawasan saja, namun yang terpenting persiapan diri, baik secara fisik dan mental untuk menghadapi tes CPNS ini.

0 Response to "Mengenal Beberapa Istilah Dalam CPNS 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel